![]() |
![]() Lilitan tak perlu terlalu tebal |
Bagaimana caranya? “Bisa menggunakan
pembungkus header, seperti digunakan oleh mobil,” terang Michael
Andries, dari Mtuning, di kawasan Cireundeu, Tangerang, Banten. Di
bagian header ini, dibungkus bahan yang terbuat dari serat asbes itu.
Pengalaman seorang pengguna Suzuki Satria FU, merasakan tarikan di putaran atas lebih ‘berisi’ setelah header alias leher knalpotnya terbungkus peranti ini. “Sebelumnya di putaran atas agak ngempos, setelah dibungkus, jadi lebih enak nariknya,” terang Reza yang merasakan sendiri efeknya.
Pengalaman seorang pengguna Suzuki Satria FU, merasakan tarikan di putaran atas lebih ‘berisi’ setelah header alias leher knalpotnya terbungkus peranti ini. “Sebelumnya di putaran atas agak ngempos, setelah dibungkus, jadi lebih enak nariknya,” terang Reza yang merasakan sendiri efeknya.
![]() Agar lentur lembaran fiber direndam air |
![]() Seperti header mobil panas di manifold dipertahankan |
Kenapa bisa begitu? Menurut lelaki yang
disapa Mike itu, suhu di leher knalpot tersebut menjadi lebih stabil,
dengan pelepasan panas yang tidak terlalu cepat, ketimbang dengan
kondisi terbuka.
Untuk membungkusnya, bisa beli bahan baku berupa serat asbes yang biasanya dijual dalam bentuk gulungan dengan panjang sekitar 5 hingga 10 meter. Kisaran harganya sih bermacam-macam, mulai dari Rp 60 ribu hingga 200 ribu .
Lilitkan saja pada leher knalpot, tak perlu terlalu tebal, cukup hingga bagian metalnya tertutup, sebelumnya ujung serat ini diikat menggunakan kawat. Nah, setelah terbungkus lehernya, tak akan terasa panas lagi dari luar.
Untuk membungkusnya, bisa beli bahan baku berupa serat asbes yang biasanya dijual dalam bentuk gulungan dengan panjang sekitar 5 hingga 10 meter. Kisaran harganya sih bermacam-macam, mulai dari Rp 60 ribu hingga 200 ribu .
Lilitkan saja pada leher knalpot, tak perlu terlalu tebal, cukup hingga bagian metalnya tertutup, sebelumnya ujung serat ini diikat menggunakan kawat. Nah, setelah terbungkus lehernya, tak akan terasa panas lagi dari luar.
Meski di dalamnya malah panas knalpot
ini dipertahankan, demi pembakaran. “Tetapi ada catatan tersendiri soal
header yang dibungkus ini, jika kerap terkena air akan bikin karat,”
tutur Mike. Jadi, perlu sering dibersihkan ketika habis hujan-hujanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar